Pengabdian Kepada Masyarakat di SMU 2 Garut - Prodi Manajemen Logistik ULBI

Jumat, 18 November 2022

Pengabdian Kepada Masyarakat di SMU 2 Garut

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Manajemen Logistik ULBI

Kewajiban dosen perguruan tinggi adalah melakukan Tridharma Perguruan Tinggi , yaitu pengajaran, penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan sebagai jembatan antara akademisi dan masyarakat. Selain itu PKM bertujuan untuk men-desiminasikan pengetahuan baik teori maupun praktik yang dimiliki oleh perguruan tinggi kepada masyarakat. Pada semester ini, Dosen-Dosen Program Studi Manajemen Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan bentuk “Pelatihan Perancangan Problem Package Pembelajaran Problem Based Learning dan Kurikulum Merdeka untuk SMA 2 Garut”. 

Kegiatan PKM ini berlangsung pada hari Senin-Rabu , 14-18 November 2022 di SMU 2 Garut dengan dihadiri oleh 78 Guru SMU 2 Garut. Kegiatan ini dinilai sangat penting untuk dilakukan karena metode Problem Based Learning adalah sebuah metode penyampaian pembelajaran kelas yang berpusat pada murid, sehingga murid akan mendapatkan pengetahuan sendiri sehingga diharapkan proses pemahaman akan meningkat. Guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Istilah learning by doing yang akan dialami siswa akan membuat pemahaman terhadap suatu materi menjadi lebih baik. 

Pada kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini juga dilakukan diskusi dan tanya jawab untuk melihat dan menganalisis permasalahan lain yang mungkin dihadapi oleh guru-guru dalam penyampaian materi di kelas. Dengan adanya kegiatan workshop ini, diharapkan para guru di 2 Garut akan lebih memahami tentang metode pembelajaran Problem Based Learning. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk menjalin hubungan baik antara Program Studi Manajemen Logistik dengan salah satu mitra yaitu Sekolah Menengah Atas, khususnya SMU 2 Garut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda